Artikel Toddler

Resolusi Pengasuhan di Tahun Baru

Apa yang kira-kira bisa dilakukan orangtua agar bisa menjalankan dan mempertahankan resolusi pengasuhan tahun baru? Yuk coba belajar menggunakan prinsip SMART.

Ngga Boleh, Itu Punyaku! (Balita Posesif)

Anak toddler memang bisa jadi ‘posesif’ ya. Posesif sama mamanya, posesif sama rumahnya, posesif sama mainan-mainannya. Kalau lagi main bersama anak seumuran, familiar deh celotehan macam “Ga boleh! Ini kan punya Aku!!”

Menumbuhkan Empati Sejak Dini

Empati adalah kemampuan seseorang untuk berespon terhadap permasalahan dan situasi orang lain dengan tepat. Dengan berempati, maka seseorang akan mampu mengenali emosi diri dan meregulasi emosi tersebut, memahami emosi orang lain, melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain, serta memiliki keinginan untuk membantu.

Tips Membuat Aturan yang Efektif

Membuat orang mengikuti aturan bukan hal yang mudah. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja kadang masih suka mencari celah ya untuk tidak melakukan aturan tertentu.

Saat Anak Melakukan Kesalahan

We learn from our mistakes. Belajar mengatasi perasaan negatif seperti malu, frustrasi, dan rasa bersalah, serta memikirkan solusi untuk memperbaiki kesalahan, adalah keterampilan yang penting agar kita bisa menjadi individu yang tangguh dan pantang menyerah. Bagaimana cara orangtua menyikapi kesalahan anak?

Yuk Liburan Bersama Anak!

Banyak yang berpikiran bahwa pergi berlibur bersama anak akan repot karena banyak hal yang harus dipersiapkan dan dibawa saat liburan. Namun dibalik kerepotan tersebut, selama parents mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, pasti bisa diatasi.

Mimpi Buruk Pada Balita

Apakah parents pernah membayangkan bagaimana bila yang mengalami mimpi buruk adalah anak-anak kita? Lalu, hal apa yang menyebabkan anak mengalami mimpi buruk? Pada artikel ini, Rumah Dandelion akan membahas mengenai mimpi buruk pada balita.

Salah Kaprah “Follow the Child”

Dengan menggaungnya Montessori, ungkapan Follow the Child juga jadi semakin sering terdengar. Apa sebenarnya artinya? Artinya adalah mengamati anak dan memfasilitasi kegiatan berdasarkan minat dan kemampuan yang teramati.

Kapan Mulai Mengenalkan Media Sosial Kepada Anak?

Sebagai orang tua yang menggunakan digital, pasti kita dapat melihat dan merasakan sendiri adanya sisi positif dan sisi negatif dari dampak media sosial. Dengan merasakan sisi positif dan negatif inilah yang sering menimbulkan pertanyaan bagi para beberapa orang tua “Kapan waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan media social kepada anak?”