Artikel Toddler

Time Out – Yes or No?

Saat time-out, orang tua berharap anak dapat merenung dan merefleksikan kesalahan yang telah mereka lakukan. Tampaknya efektif dan efisien untuk dilakukan ya. Namun, apakah benar demikian?

Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini

Orang tua pasti menginginkan agar anaknya dapat tumbuh mandiri. Apakah hal itu bisa dilatih? Tentu saja bisa, dan justru perlu dilatih sedini mungkin, bahkan sejak usia balita.

Mari Berimajinasi!

Sebenarnya, apa ya manfaat dari imajinasi ini? Sampai sejauh mana kita sebagai orang tua dapat mendorong anak untuk terus mengembangkan imajinasinya, atau justru kita perlu khawatir ketika anak menunjukkan imajinasi yang makin berlebihan?

Pendidikan Seks Untuk Balita

Hah? Apa tidak salah anak balita sudah dikenalkan tentang seks? Apa tidak mendorong anak untuk seks bebas? Mungkin itu pemikiran sebagian orang tua ya.

Strategi Untuk Melatih Anak Tidur Sendiri

Tidak ada waktu yang tepat namun kita sebagai orang tua dapat menciptakan waktu yang sesuai untuk mendorong anak belajar tidur dengan sendiri. Pastinya dengan adanya perubahan dari tidur bersama orang tua menjadi tidur sendiri maka anak juga membutuhkan waktu transisi untuk beradaptasi. Apa strateginya?

Pentingnya Tidur Untuk Anak Batita

Tidur, secara khusus tidur pulas tanpa diganggu, merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan anak. Banyak manfaat dari tidur yang bisa didapat oleh anak, antara lain sebagai berikut:

Tinggal Terpisah dengan Anak: Haruskah?

Beberapa bulan terakhir pemberitaan ramai oleh isu pemisahan anak dan orang tua terkait dengan kebijakan imigrasi USA. Sulit rasanya membayangkan anak yang dipisahkan secara paksa dari orang tua, terlebih untuk waktu yang tidak diketahui seberapa lama. Sebenarnya, bagaimakah dan seberapa besar efek dari pemisahan antara orang tua dan anak?

Bagaimana Membantu Mengembangkan Regulasi Diri Anak

Sebagai orang tua, pasti pernah, ya kita melihat anak melakukan tantrum atau mengekspresikan emosinya secara berlebihan, misalnya marah-marah atau merajuk. Hal itu sebenarnya wajar jika sesekali terjadi pada anak berusia sekitar dua tahun. Namun, semakin besar, anak diharapkan untuk mampu mengontrol emosinya dan mengekspresikannya dengan tepat.

Bagaimana Mengembangkan Resiliensi Anak

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan agar anak kita dapat tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Tugas kita, sebagai orang tua, adalah bagaimana membantu mereka mempersiapkan diri untuk tidak mudah menyerah dan mau segera bangkit dari kegagalan atau tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan.