Artikel School Age - Lower Grade

Mengajak Anak Cinta Lingkungan

Sebagai orang tua, kita tentunya ingin mewarisi semua hal baik untuk anak-anak kita, dan harusnya juga demikian dalam hal lingkungan. Kita ingin anak kita tinggal di bumi yang nyaman dan hijau.

Literasi Finansial Sejak Dini

Sebagai orang tua, salah satu tanggung jawab kita adalah mengajarkan anak kita cara mengelola uang yang baik. Keterampilan untuk mengelola uang, atau lazim juga disebut sebagai literasi finansial perlu dikenalkan sejak dini.

Belajar Menghargai dari Jenggo, Ayam Jago Yang Sombong

belajar tentang toleransi sangat terkait dengan empati. Sebuah keterampilan sosial yang sangat penting, dengan belajar menerima berbagai keragaman di sekitar mereka, dengan tidak terancam terhadap keberbedaan yang ada. Bukan hanya anak belajar untuk berempati terhadap anak yang berbeda, namun anak juga menjadi nyaman dengan identitas dirinya sendiri. Selain itu, lingkungan yang toleran membuat anak memiliki tempat yang aman untuk belajar, karena mereka tahu setiap perbedaan mereka akan dihargai.

Time Out – Yes or No?

Saat time-out, orang tua berharap anak dapat merenung dan merefleksikan kesalahan yang telah mereka lakukan. Tampaknya efektif dan efisien untuk dilakukan ya. Namun, apakah benar demikian?

Mari Berimajinasi!

Sebenarnya, apa ya manfaat dari imajinasi ini? Sampai sejauh mana kita sebagai orang tua dapat mendorong anak untuk terus mengembangkan imajinasinya, atau justru kita perlu khawatir ketika anak menunjukkan imajinasi yang makin berlebihan?

Pendidikan Seks Untuk Balita

Hah? Apa tidak salah anak balita sudah dikenalkan tentang seks? Apa tidak mendorong anak untuk seks bebas? Mungkin itu pemikiran sebagian orang tua ya.

Strategi Untuk Melatih Anak Tidur Sendiri

Tidak ada waktu yang tepat namun kita sebagai orang tua dapat menciptakan waktu yang sesuai untuk mendorong anak belajar tidur dengan sendiri. Pastinya dengan adanya perubahan dari tidur bersama orang tua menjadi tidur sendiri maka anak juga membutuhkan waktu transisi untuk beradaptasi. Apa strateginya?

Bagaimana Membantu Mengembangkan Regulasi Diri Anak

Sebagai orang tua, pasti pernah, ya kita melihat anak melakukan tantrum atau mengekspresikan emosinya secara berlebihan, misalnya marah-marah atau merajuk. Hal itu sebenarnya wajar jika sesekali terjadi pada anak berusia sekitar dua tahun. Namun, semakin besar, anak diharapkan untuk mampu mengontrol emosinya dan mengekspresikannya dengan tepat.