Artikel Prenatal

Menyiapkan Jadi Kakak

Kecemburuan kakak ke adik baru rasanya tidak mungkin dielakkan sama sekali, bahkan jika sang kakak sendiri yang meminta pada orangtua untuk punya adik. Meski demikian, kecemburuan ini bisa diminimalisasi. Apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk menyiapkan kakak menyambut kelahiran adik?

Resolusi Pengasuhan di Tahun Baru

Apa yang kira-kira bisa dilakukan orangtua agar bisa menjalankan dan mempertahankan resolusi pengasuhan tahun baru? Yuk coba belajar menggunakan prinsip SMART.

Newly Weds 101

Di dunia nyata justru perjuangan dan usaha yang sebenarnya baru dimulai setelah pesta pernikahannya selesai.

Post-Partum Depression: Do’s & Don’ts

Meminta bantuan dan datang ke tenaga professional (dokter, psikiater, ataupun psikolog) untuk mengatasi PPD bukanlah hal yang mudah. Biasanya ada pertentangan batin yang terjadi

Depresi di Era Media Sosial: Bijakkah Anda dalam Menggunakannya?

Apa itu depresi? Depresi merupakan kondisi emosional seseorang yang dapat mempengaruhi mood, cara berpikir, dan perilaku yang ditampilkan. Seseorang yang mengalami depresi berada di situasi kesedihan yang mendalam dan kehilangan semangat untuk beraktivitas atau melakukan kegiatan yang sebelumnya disenangi. Apa pengaruh Media Sosial terhadap depresi?

Dampak Positif Ibu Pekerja Bagi Perkembangan Anak

“Egois banget ya si ibu.. malah memilih bekerja dan anaknya dibiarkan sama mbak di rumah..” Ini merupakan salah satu stigma yang kerap menjadi sumber rasa bersalah ibu pekerja. Ibu pekerja seringkali dikaitkan dengan dampak negatif pada perkembangan anak dan juga kualitas kelekatan ibu-anak yang kurang, karena waktu bersama anak yang lebih sedikit daripada ibu rumah tangga. Benarkah demikian?

15 Fakta Tentang Bayi

Pada artikel ini, Rumah Dandelion akan membahas mengenai 15 hal yang harus diketahui tentang bayi. Yuk kita Simak…

Post-Partum Depression: Bisakah dialami oleh para ayah?

Berapa banyak para ayah yang mengalami PPD? Hasil penelitian dari Pinheiro dkk (2006) menemukan bahwa sekitar PPD pada para ayah 12% terjadi di periode waktu 6 – 12 minggu setelah kelahiran anak. Dan PPD pada para ayah ini ternyata lebih rentan terjadi pada ayah baru (setelah kelahiran anak pertama).