Artikel Infant

Perkembangan Emosi Balita

Sama seperti perkembangan fisik, perkembangan emosional seseorang dimulai sejak sangat dini, sejak masa bayi. Yuk, disimak tahapan perkembangan emosi anak kita.

Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak

Orang tua kerap bingung memilih mana yang paling sesuai untuk anak saya. Nah, melalui artikel berikut kami akan menjabarkan kira-kira faktor apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih buku anak ya…

Pentingnya Tidur Untuk Anak Batita

Tidur, secara khusus tidur pulas tanpa diganggu, merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan anak. Banyak manfaat dari tidur yang bisa didapat oleh anak, antara lain sebagai berikut:

Tinggal Terpisah dengan Anak: Haruskah?

Beberapa bulan terakhir pemberitaan ramai oleh isu pemisahan anak dan orang tua terkait dengan kebijakan imigrasi USA. Sulit rasanya membayangkan anak yang dipisahkan secara paksa dari orang tua, terlebih untuk waktu yang tidak diketahui seberapa lama. Sebenarnya, bagaimakah dan seberapa besar efek dari pemisahan antara orang tua dan anak?

Kekerasan dan Pendidikan

Bicara soal pendidikan di Indonesia, suka tidak suka perlu mengangkat tentang kekerasan yang terjadi di dalamnya. beberapa waktu lalu terjadi, guru meninggal karena dipukul murid yang tak terima ditegur di kelas.

Stimulasi Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Apa yang dapat dilakukan orangtua untuk menstimulasi perkembangan bahasa bayi? Banyak! Stimulasi untuk mendorong keterampilan bahasa bayi itu pada dasarnya sederhana dan tidak butuh banyak perlengkapan.

Tahapan Perkembangan Bahasa Bayi

Sebagai orang tua baru, selain momen langkah pertama, biasanya yang sangat ditunggu-tunggu juga adalah momen ketika si kecil mulai berbicara

Resolusi Pengasuhan di Tahun Baru

Apa yang kira-kira bisa dilakukan orangtua agar bisa menjalankan dan mempertahankan resolusi pengasuhan tahun baru? Yuk coba belajar menggunakan prinsip SMART.

Menumbuhkan Empati Sejak Dini

Empati adalah kemampuan seseorang untuk berespon terhadap permasalahan dan situasi orang lain dengan tepat. Dengan berempati, maka seseorang akan mampu mengenali emosi diri dan meregulasi emosi tersebut, memahami emosi orang lain, melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain, serta memiliki keinginan untuk membantu.

Tips Membuat Aturan yang Efektif

Membuat orang mengikuti aturan bukan hal yang mudah. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja kadang masih suka mencari celah ya untuk tidak melakukan aturan tertentu.