Tips Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Bacaan

By Rumah Dandelion

“Anakmu sudah bisa baca belum? Anakku sudah kenal huruf-huruf lho! Ditunjuk acak sudah ngerti dan benar jawabnya.”

“Anakku sudah mulai kenal kata, ngeh sama tulisan yang ada di buku kalau lagi dibacakan cerita.”

 

Ya, membaca memang merupakan suatu keterampilan yang sering jadi obrolan para orangtua. Senang dan bangga sekali rasanya bila anak sudah bisa membaca, apalagi bila itu terjadi sebelum masuk sekolah dasar.

 

Namun, jangan sampai lupa bahwa membaca itu bukan sekedar mengucapkan kata-kata. Coba baca kalimat berikut ini:

Hubetulo januelpo bureytaki moluru.

 

Bisa? Tentu. Paham? Harusnya tidak, karena itu murni karangan saya ^.^

 

Ya, membaca itu bukan hanya proses teknis melihat huruf-kata-kalimat lalu menyuarakannya. Lebih penting lagi adalah mengolah informasi dan memahami apa yang dibaca (reading comprehension). Tak ada gunanya bila kita bisa membaca tulisan “Harap Antri” namun tidak paham artinya. Atau membaca kalimat demi kalimat dari suatu paragraf namun tidak bisa, atau salah, menyimpulkan inti ceritanya.

 

Kemampuan pemahaman bacaan bukan hanya terkait dengan akademis loh, tetapi juga personal. Bayangkan jika kita tidak bisa mengerti petunjuk pemakaian di label obat, papan pengumuman, tagihan bulanan, aturan berkendara, prosedur pembuatan kartu identitas, perjanjian sewa, dan lain-lain. Hidup aman dan produktif adalah salah satu dampak bila kita punya pemahaman bacaan yang memadai.

 

Oleh karena itu, penting bagi orangtua dan pendidik untuk mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan pada anak. Beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan:

 

Membuat Hubungan

Menghubungkan apa yang sudah anak ketahui dengan isi cerita akan meningkatkan fokus dan memperdalam pemahaman. Misalnya tokoh di dalam buku sedang main ke pantai, kita bisa kaitkan dengan pengalaman serupa saat liburan. “Ingat tidak kak waktu kita jalan-jalan ke Ancol sama eyang? Yang kakak main pasir, terus berenang di laut? Itu namanya pantai.”

 

Mengajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan akan membuat anak ingin mencari petunjuk-petunjuk di dalam bacaan, bertanyalah agar keingintahuan anak tergugah. “Apa yang kamu pikirkan? Kamu suka ceritanya tidak?” Ketika membaca bersama, berhentilah sesekali untuk bertanya.

 

Menarik Kesimpulan

Kita melakukan ini dengan menggabungkan apa yang sudah kita ketahui dengan petunjuk dalam cerita.. Misalnya, saat kita membaca “Hidungnya meler dan matanya merah” kita bisa menyimpulkan bahwa tokoh tersebut dengan flu. Orangtua dapat membantu anak mengembangkan keterampilan ini dengan membuat perkiraan atau prediksi apa yang terjadi kemudian.

 

Menandai hal-hal penting

Ketika membacakan atau membaca bersama anak, bantu pemahaman dengan menentukan elemen-elemen yang penting dalam cerita. Tokohnya, setingnya, masalah, dan solusi dari masalah yang ada.

 

Memperkaya kosa kata dan pengetahuan anak

Sulit rasanya untuk memahami “Kuda hitam itu sedang berlari mengelilingi padang rumput” bila anak tidak tahu apa itu kuda dan apa itu padang rumput. Jika terlalu banyak kata yang anak tidak ketahui, ia akan menghabiskan banyak waktu dan energi untuk memikirkan kata-kata itu, alih-alih memahami keseluruhan bacaan. Jadi bila saat membaca menemukan kata-kata baru atau yang jarang dipakai sehari-hari, misalnya ‘segan’, ‘celoteh’, ‘purba’, dan lain lain, berhenti dulu untuk diskusikan artinya ya.

 

Selamat membaca! Semoga anak-anak kita bukan hanya pintar menyuarakan kata-kata, tetapi juga bisa memahami apa yang dibaca. Meski alasan kita membaca bisa berbeda-beda, ada yang untuk mengumpulkan data, memahami dua pandangan, atau untuk bersenang-senang, tetap tujuan akhirnya adalah memaknai apa yang tertulis dan memanfaatkan informasi yang didapat tersebut untuk hal-hal yang baik. A child who reads will become an adult who thinks.

 

Penulis: Orissa Anggita Rinjani, M.Psi, Psi

Referensi:

http://www.k12reader.com/the-importance-of-reading-comprehension/

Osewalt, Ginny. 6 Tips for Helping Your Child Improve Reading Comprehension.

https://www.understood.org/en/school-learning/partnering-with-childs-school/instructional-strategies/6-tips-for-helping-your-child-improve-reading-comprehension#slide-6

Pardo, Laura. 2004. What every teacher needs to know about comprehension. The Reading Teacher Vol. 58 No.3. Diunduh dari https://ftp.learner.org/workshops/teachreading35/pdf/teachers_know_comprehension.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>