Tetap Tenang Saat ART Pulang

By Agstried Elisabeth

Libur lebaran identik dengan bertemu keluarga besar saat hari raya, silaturahmi sekaligus bertemu berbagai makanan enak dan kadang tidak sehat, hehehe… namu selain identik dengan semua hal tersebut, libur lebaran juga identik dengan para ART yang pulang kampung. Bagi pasangan bekerja dengan anak balita seperti saya, salah satu solusi untuk menjaga kebersihan rumah dan anak adalah dengan mempekerjakan ART di rumah. Tentu saja, ketika ditinggal ART pulang bisa menjadi drama tersendiri. Lalu apa saja tipsnya supaya tetap tenang saat ART pulang kampung? Yuk, simak tipsnya..

  1. Buatlah Rencana dan Ekspektasi harian

Dalam sehari, ketika kita berusaha mengerjakan semua pekerjaan rumah dengan sempurna sekaligus mengurus anak, nampaknya 24 jam tidak akan cukup. Akan tetapi berbeda jika kita sudah punya rencana harian dan harapan yang masuk akal. Misalnya: rencana hari ini, bangun pagi masak untuk sarapan sampai makan siang dan mencuci, pel kamar anak dan ruang main saja. Sisa waktunya? Main dengan anak! Tidak perlu harus bersih dan selesai semua dalam 1 hari.

  1. Meal Prep harus dilakukan

Parents pernah dengar dengan istilah meal prep? Meal prep  adalah kegiatan mempersiapkan bahan makanan sehingga ketika bahan makanan tersebut akan dimasak, sudah siap dan bisa langsung cemplung-cemplung untuk dimasak. Parents bisa mendedikasikan waktu 1 hari untuk melakukan ini. Sehingga di hari-hari berikutnya, waktu masak jadi lebih singkat dan praktis.

  1. Berdamai dengan berantakan

Sejujurnya, ketika ART pulang kondisi rumah saya mirip seperti zona perang (Hahaha… mudah-mudahan hanya kiasan) tapi menyadari keterbatasan tenaga, akhirnya saya memilih berdamai dengan berantakan. Karena dengan adanya anak balita, rasanya mau belasan kali merapikan mainan kok tidak ada habisnya. Daripada lelah dan marah-marah, maka saya memilih ikut bermain dengan anak, dan minta anak membantu merapikan sedikit. Setelah itu, baru saya rapikan setelah anak tidur.

  1. Jangan ragu gunakan bantuan yang ada

Meminta bantuan dan menggunakan bantuan tidak mengurangi nilai kita sebagai ibu rumah tangga. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bekerja sama dengan suami dan melakukan pembagian tugas. Atau kalau memang tidak sempat memasak, layanan makanan antar bisa jadi pilihan. Bagi saya, setrika adalah hal yang paling sulit, oleh karena itu saya tidak segan meminta bantuan layanan kebersihan harian untuk menyetrika baju anak saya. Baju orang dewasa? Setrika kiloan saja hehehe…

Demikianlah parents, tips yang bisa membuat liburan lebih tenang saat ART pulang. Kita memang tidak bisa mengendalikan semua situasi, tapi kita bisa mengendalikan respon kita supaya tetap bahagia. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>