Tes IQ 101

By Rumah Dandelion

Selama ini kita sering sekali mendengar istilah tes IQ. Makin banyak sekolah yang melakukan tes IQ untuk muridnya, atau bahkan menjadikan tes IQ sebagai salah satu syarat pendaftaran murid baru.

IQ atau Intelligent Quotient sendiri sebenarnya adalah total bagi skor dari hasil tes inteligensi yang disajikan dalam bentuk angka. Inteligensi sendiri dapat didefinisikan sebagai kemampuan berpikir dan mengolah informasi yang disajikan atau tersaji oleh lingkungan sekitar kita.

Sebenarnya, apa saja sih yang kita perlu ketahui tentang tes IQ? Kita akan bahas secara singkat dalam artikel IQ 101 berikut ini.

Guna Tes IQ

Tes IQ berguna untuk memperlihatkan gambaran potensi yang dimiliki anak; area-area apa saja yang menjadi kekuatan serta kelemahan, secara khusus dibandingkan dengan kemampuan anak-anak seusianya. Skor IQ membandingkan antara skor total yang diperoleh oleh anak dengan skor rata-rata individu seusianya. Semakin tinggi skor IQ seorang anak dianggap semakin cerdas, karena berarti kemampuannya berada di atas kemampuan rata-rata anak seusianya. Setiap anak yang memperoleh skor IQ dalam kategori minimal Rata-rata (berkisar 91 – 100) diharapkan mampu untuk mengikuti pendidikan dengan baik di sekolah (tentu saja dengan catatan anaknya melakukan usaha belajar juga).

Wajibkah Anak Mengikuti Tes IQ?

Tes inteligensi secara lengkap biasanya akan dirujuk untuk diberikan pada anak yang diduga mengalami keterlambatan atau masalah pada satu atau beberapa area. Jika anak tidak mempunyai sejarah masalah apapun pada perkembangannya, berarti sebenarnya tes IQ tidak menjadi urgensi yang harus dilakukan. Namun, kadang tes IQ memang menjadi wajib dilakukan karena banyak sekolah yang menyaratkan adanya hasil pemeriksaan tes IQ, entah untuk seleksi ataupun untuk profil siswa. Bantuan yang dapat diberikan oleh orangtua saat anak akan menghadapi tes IQ adalah siapkan stamina anak, pastikan makan dan tidur yang cukup. Selain itu, orangtua juga perlu membantu anak mengurangi kecemasannya dengan menjaga ekspektasi pribadi.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mempersiapkan Diri Menjalani Tes?

Sederhana saja: kondisi yang fit. Usahakanlah agar anak mendapat istirahat dan makan dengan cukup sebelum tes. Dengan kondisi yang fit, anak dapat mengikuti tes dengan baik sehingga hasil tesnya pun menjadi optimal. Karena tes IQ memang bertujuan untuk melihat potensi anak, jadi tidak perlu mendorong anak untuk melakukan berbagai latihan khusus apalagi membeli buku-buku soal yang sekarang banyak dijual di toko buku.

Apa yang bisa dilihat dari Tes IQ?

Sering kali kita hanya terpaku melihat skor total dari IQ. Padahal, skor total itu terdiri dari skor-skor lain yang memperlihatkan beberapa area seperti kemampuan di area verbal, performance, daya analisa – sintesa, daya ingat, dan lain sebagainya. Jika pemeriksaan dilakukan secara individual, maka orang tua memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bertanya pada psikolog, baik mengenai hasil tes maupun saran untuk hal yang perlu dilakukan oleh orang tua dan anak untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Sekali lagi, ingat bahwa Tes IQ bukanlah kompetisi,  melainkan gambaran kemampuan anak kita. Jangan buat anak kecil hati dengan membandingkan dengan anak lain.

Demikian, parents, penjelasan singkat mengenai tes IQ. Semoga bisa lebih memahami seluk beluk tes IQ dan menyikapinya dengan bijak ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>