Salah Satu Persiapan Sekolah Anak : Mengatur Jam Tidur

By Rumah Dandelion

Anak akan sekolah? Pasti setiap orang tua memiliki kecemasan yang berbeda-beda.. Ada yang takut mereka sulit berinteraksi anak lain, ada yang takut anaknya belum dapat mengikuti instruksi guru di sekolah, atau ada yang cemas karena ngga bisa bangun pagi. Nah, saya salah satu orang tua yang cemas jika anak tidak dapat bangun pagi. Mungkin itu terkesan sepele, tapi untuk memulai kebiasaan baru saat anak mulai sekolah itu susah-susah gampang.

 

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, karena saat tidur kita mengistirahatkan badan dan pikiran kita. Menurut penelitian Mindell dan Owens (2015),  anak usia 2 hingga 5 tahun memiliki kebutuhan jam tidur yang harus seimbang dengan kebutuhan jam aktivitasnya. Terlebih lagi, saat membicarakan tentang pengaturan jam tidur pada anak perlu dilihat kembali usia tahapan perkembangan anak dan juga bagaimana kebiasaan yang berlaku di dalam rumah. Selain itu, tidur merupakan perilaku yang dapat dipelajari sehingga saat anak sudah mulai masuk usia sekolah maka orang tua dapat membentuk jadwal tidur mereka.

 

Setelah membentuk pola tidur anak maka akan mempengaruhi biological clock anak. Anak yang memiliki yang biological clock maka anak tersebut sudah memiliki jam tidur dan jam aktivitas teratur, maka anak dengan sendirinya akan tidur dan bangun pada jam yang telah terbiasa. Dalam membentuk biological clock ini orang tua perlu observasi bagaimana kualitas tidur anak, melihat apakah jam makan anak sudah teratur, bahkan melihat apakah pencahayaan di kamar anak cukup khususnya untuk mendapatkan matahari pagi (Pantley, 2005). Bagaimana dengan orang tua di rumah? Apakah memiliki kesulitan yang saya alami? Bagi saya yang sebentar lagi anak harus masuk kelompok bermain, hal ini merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan tidur yang cukup, anak akan lebih fit dalam mengikuti kegiatan, tidak cepat crangky, dan pastinya menjadi lebih sehat.

 

Problema tidur saat anak memasuki usia sekolah kelompok yang sering terjadi adalah saat anak menolak untuk tidur lebih awal atau sering terbangun di tengah malam.  Bahkan beberapa anak masih ada yang menggunakan jam tidur siang dan ada juga yang tidak. Jika anak tidak tidur siang, setidaknya berikan jam “istirahat” kepada anak di siang hari sekitar satu jam. Klinik anak di Cleveland memberikan cara bagaimana bisa mengatur jam tidur anak

  • Perlahan-lahan tetapkan jam tidur dan jam bangun anak setiap harinya.
  • Sebelum jam tidur, berikan aktivitas yang lebih tenang dan menyenangkan setidaknya 30 menit sebelumnya, salah satunya dengan membaca buku bersama atau bernyanyi lagu dengan tempo yang lambat.
  • Berikan kebebasan kepada anak untuk memilih baju tidur yang menurutnya paling nyaman. Bahkan anak pun dapat secara mandiri memilih bantal, guling, selimut, atau boneka yang ingin dibawa tidur sama-sama. Hal ini supaya membantu anak menemukan kenyamanan sebelum tidur
  • Pastikan kondisi kamar anak menjadi tenang, gelap, dingin, dan nyaman untuk tidur. Yang perlu diingat, bentuklah kebiasaan bahwa tempat tidur merupakan tempat istirahat, dan bukan tempat untuk bermain. Menonton televisi atau pun screen time di kamar sangat tidak disarankan karena hal ini dapat membuat anak lebih sulit untuk tidur.

 

Dengan observasi, orang tua akan mengetahui bagaimana cara yang paling nyaman untuk membentuk pola tidur. Hal ini juga perlu didiskusikan dengan semua orang di rumah, bagaimana dan mengapa pola tidur anak perlu dibentuk. Membentuk pola tidur pada anak bisa berlangsung singkat tapi bisa juga membutuhkan waktu yang lama. Maka berikan pujian kepada anak pada setiap perubahan positif yang mereka lakukan, salah satunya saat anak dapat tidur lebih awal, bangun sesuai waktu, dan membentuk rutinitas pagi sebelum sekolah dengan baik.

 

Sumber:

 

Pantley, Elizabeth. (2005). The No-cry Sleep Solution for Toddler and Preschoolers: Gentle Ways to Stop Bedtime Battles and Improve Your Child’s Sleep. New York: McGraw-Hills.

 

Mindell, Jody A. & Owens, Judith A. (2015). A Clinical Guide to Pediatric Sleep: Diagnosis and Management of Sleep Problems Third Edition. Philladelphia: Wolters Kluwers.

 

 

http://my.clevelandclinic.org/childrens-hospital/health-info/diseases-conditions/hic_sleep_in_your_babys_first_year/hic_sleep_in_toddlers_and_preschoolers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>