Pentingnya Waktu Kebersamaan di Keluarga

By Rumah Dandelion

Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Dalam keluargalah anak belajar untuk menerima dan memberikan kasih sayang, memperluas wawasan, merasa nyaman, serta belajar berbagai macam nilai dan norma sosial, yang sangat berguna  untuk kehidupannya di masa mendatang. Mengingat betapa pentingnya peran keluarga, secara khusus orang tua, maka waktu kebersamaan dengan keluarga merupakan hal yang perlu menjadi prioritas bagi orang tua dan anak.

Nah, untuk orang tua masa kini yang sering kali sibuk dengan pekerjaan di luar rumah, hal itu menjadi cukup menantang. Berikut beberapa tips hal yang bisa kita lakukan untuk mengusahakan agar keluarga kita memiliki waktu kebersamaan yang cukup dan berkualitas.

Mulai dari kebiasaan sederhana

Waktu kebersamaan di keluarga dapat diciptakan melalui momen-momen rutin sederhana, yang melibatkan setiap anggota keluarga, misalnya makan malam bersama, ngemil sore bersama di saat weekend, atau kegiatan membaca buku cerita di malam hari. Tidak perlu menunggu momen berwisata ke tempat yang menarik. Justru melalui momen-momen sederhana yang dilakukan setiap hari, komunikasi antara anak dan orang tua dapat terjalin lebih intensif. Misalnya saja, melalui momen makan malam, orang tua dapat secara cepat mengetahui hal-hal yang terjadi pada anak di hari tersebut.

Makna besar dalam setiap hal-hal kecil

Ketika bangun pagi atau ketika tidur malam, peluklah anak anda dan nyatakan bahwa anda menyayanginya. Sentuhan fisik dan kata-kata pujian sederhana, jika diucapkan setiap hari dan dengan ketulusan, akan berdampak positif  terhadap hubungan antara anggota keluarga. Anak akan semakin merasa aman dan yakin bahwa orang tuanya memberikan perhatian untuknya.

Manfaatkan teknologi dengan baik

Walaupun tidak aktu bersama keluarga bukan sekedar ketika ayah, ibu, serta anak berkumpul di satu ruangan yang sama. Sering kali sekarang kita melihat keluarga yang sedang makan bersama di restoran namun tiap orangnya sibuk dengan gadget masing-masing. Sayang sekali ya, momen berharga namun tidak dimanfaatkan dengan optimal.

Sebisa mungkin, ketika sedang bersama dengan anggota keluarga, jauhkanlah gadget sejenak dari diri anda. Fokuslah pada setiap pembicaraan atau canda yang dilontarkan oleh pasangan dan anak. Namun, jika karena satu dan lain hal salah satu anggota keluarga harus berada jauh dari rumah, saatnya memanfaatkan kecanggiihan teknologi untuk melakukan video call.

Bermain bersama

Kegiatan bermain yang seru dapat mencairkan suasana dan meningkatkan keakraban antara orang tua dan anak. Melalui permainan juga anak dapat mempelajari berbagai macam hal, misalnya strategi, keterampilan untuk bermain peran, empati, menunggu giliran, dan lain sebagainya. Saat ini tersedia banyak board game yang menarik, ang dapat dimainkan oleh beberapa anggota keluarga. pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi keluarga dan usia anak anda.

 

Sumber:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/peaceful-parents-happy-kids/201706/10-habits-strengthen-parent-child-relationship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>