Pentingnya Tidur Untuk Anak Batita

By Rumah Dandelion

Tidur, secara khusus tidur pulas tanpa diganggu, merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan anak. Banyak manfaat dari tidur yang bisa didapat oleh anak, antara lain sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan pertumbuhan. Saat tidur, hormon pertumbuhan dan berbagai faktor lainnya mendapat kesempatan terbaik untuk bekerja, memaksimalkan pertumbuhan serta perbaikan sel-sel tubuh anak. Tidur juga berguna untuk memelihara daya tahan tubuh, karena sel-sela yang terkait dengan sistem imun bekerja dengan optimal saat anak tidur.
  • Hal penting bagi perkembangan kognitif. Ketika tidur, bagian otak anak mendapat kesempatan untuk memproses hal-hal yang mereka lihat dan pelajari selama terjaga sebelumnya. Dengan kata lain, tidur juga berguna untuk membantu perkembangan daya ingat anak. Walaupun tampaknya merupakan kegiatan yang pasif, saat tidur terjadi stimulasi untuk otak yang tidak kalah pesatnya dibanding saat anak melakukan aktivitas sensori. Luar biasa ya tidur itu 
  • Tidur juga berguna untuk memberikan energi pada anak sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Tidur berpengaruh pada mood atau suasana hati. Pasti terlihat ya pada anak kita, ketika kurang tidur anak biasanya akan cenderung rewel. Kebalikannya, jika anak mendapat tidur yang cukup, biasanya suasana hatinya terlihat lebih baik, tenang, dan berespon terhadap stimuli dari lingkungan dengan baik.

Untuk usia new born (0 – 3 bulan), biasanya bayi tidur pada fase REM (rapid eye movement phase), yaitu fase di mana tidurnya belum terlalu pulas dan masih mudah terganggu oleh stimulus dari lingkungan. Fase REM ini dinilai sangat penting dan esensial bagi perkembangan otak bayi. Itulah mengapa ketika bayi tidur kita sangat perlu mengusahakan lingkungan berada dalam keadaan tenang, sehingga mereka bisa menikmati fase tidurnya dengan seoptimal mungkin.

Mengingat betapa pentingnya tidur, sebaiknya berapa lama sih anak kita tidur setiap harinya? Berikut adalah panduan yang diberikan oleh IDAI mengenai waktu tidur yang cukup bagi anak beusia 0 – 3 tahun:

Usia Perkiraan Tidur Pola Tidur
Newborn (0-28 hari) 16 – 20 jam * 1 – 4 jam periode tidur diikuti 1 – 2 jam periode bangun
* jumlah tidur siang sama dengan malam
1 bulan – 1 tahun 14 – 15 jam pada usia 4 bulan; 13 – 14 jam pada usia 6 bulan ke atas * periode tidur 3 – 4 jam sampai usia 3 bulan, 6 – 8 jam pada usia 4 – 6 bulan
* perbedaan siang/malam terbentuk antara 6 minggu – 3 bulan
* 70 – 80% tidur sepanjang malam pada usia 9 bulan
tidur siang: 2 – 4 jam, 2 kali/hari
1 – 3 tahun 12 jam tidur siang 1.5 – 3.5 jam, satu kali per hari

Sumber:

https://www.roomtogrow.co.uk/blog/importance-sleep-babies/

http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/perkembangan-tidur-normal-pada-batita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>