Pentingnya Membangun Rutinitas

By Rumah Dandelion

Pentingnya Membangun Rutinitas

Dalam keluarga dengan anak kecil, rutinitas menjadi bagian yang penting dari kehidupan sehari-hari. Bagi anak, rutinitas yang paling dasar berhubungan dengan aktivitas yang akan mendukung perkembangan fisik dan pertumbuhan mereka, seperti makan, tidur, dan toilet training. Rutinitas pun dapat berkaitan dengan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan sosial anak, seperti rutinitas bermain dan membaca buku bersama.

Rutinitas biasanya melibatkan serangkaian tingkah laku yang berurutan. Misalnya saja, rutinitas seorang anak di pagi hari adalah bangun pagi, mandi, kemudian sarapan atau membereskan tempat tidur. Ingat lagu Bangun Tidur? Sementara rutinitas di malam hari adalah gosok gigi, ganti piyama, dan sesi cerita pengantar tidur.

 

rutinitas

Rutinitas membantu anak memperoleh self-assurance, merasa lebih yakin akan diri mereka sendiri. Hal ini memudahkan ketika mereka sudah memasuki masa sekolah. Bila anak sudah terbiasa mengikuti rutinitas, mereka akan lebih memahami dan yakin dalam melakukan aktivitas yang terstruktur atau berurutan.

Apa lagi manfaat membangun rutinitas bagi anak? Kita bahas yuk!

Membantu anak mengembangkan kontrol diri

Adanya rutinitas yang konstan dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak-anak. Anak mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi pada mereka, hal ini memberikan rasa aman dan emosi yang stabil. Anak-anak juga akan belajar untuk mempercayai orang dewasa di sekitar mereka. Ketika mereka merasa aman, memiliki emosi yang stabil, dan dapat mempercayai orang lain, mereka akan lebih mampu mengontrol diri.

 

Membantu anak beradaptasi dengan transisi

Dalam rutinitas sehari-hari, terjadi transisi atau perpindahan dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. Perpindahan dari waktu bermain ke waktu makan siang, atau perpindahan ke waktu tidur, dapat menjadi hal yang sulit bagi anak. Adanya rutinitas dapat membantu mempersiapkan anak untuk terjadinya perpindahan kegiatan. Contohnya adalah dengan menggunakan timer, atau dengan menggunakan lagu atau permainan tertentu untuk memberi tahu anak bahwa mereka akan berpindah ke kegiatan selanjutnya.

 

Mengajarkan anak untuk bertingkah laku aman dan positif

Rutinitas dapat menjamin kesehatan dan keamanan anak, mengajarkan tingkah laku yang positif dan bertanggung jawab. Contohnya adalah rutinitas mencuci tangan sebelum makan, atau melihat ke kanan dan ke kiri sebelum menyeberang jalan. Bayangkan betapa berbahayanya jika kedua tingkah laku ini tidak diajarkan sebagai rutinitas.

 

Menjadi kesempatan untuk belajar

Rutinitas sehari-hari, seperti waktu makan, mandi, atau bersiap-siap untuk tidur, dapat menjadi kesempatan bagi anak untuk belajar. Contohnya saat makan, ia belajar bagaimana kebiasaan makan yang baik, peralatan apa saja yang dipakai untuk makan, dan mengapa makanan penting untuk tubuh. Kosa kata dan kemampuan berbahasa pun bisa berkembang.

 

Mengembangkan kemampuan sosial anak

Rutinitas seperti bermain bersama membantu anak belajar bersosialisasi. Anak bisa belajar untuk berkomunikasi, menunggu giliran, berbagi, dan membantu orang lain. Aktivitas seperti makan bersama pun dapat menjadi saat untuk berkomunikasi dan membangun kelekatan dengan anak.

 

Mengurangi terjadinya “adu kuat”

Rutinitas yang stabil membantu anak untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi. Hal ini dapat memberikan rasa percaya diri dan sense of control dalam diri mereka. Dengan demikian, kemungkinan bahwa anak akan menolak melakukan suatu kegiatan dapat berkurang, karena mereka sudah mengantisipasi kegiatan tersebut. “Adu kuat” antara anak dan orangtua pun dapat dicegah.

 

Manfaat bagi orangtua

Menjadi orangtua dapat menjadi hal yang overwhelming dan dapat memberikan tekanan pada individu maupun pernikahan. Dengan adanya rutinitas, dengan segala manfaatnya di atas, dapat membantu meringankan tekanan tersebut dan membantu orangtua mengatur waktu.

 

Penulis: Inka Irina

Mahasiswa Fakultas Psikologi UI

 

Sumber:

Benson, J.B. & Haith, M.M. (2010). Social and emotional development in infancy and early childhood. Oxford: Academic Press.

Spagnola, M. & Fiese, B.H. (2007). Family routines and rituals: A context for development in the lives of young children, Infants and Young Children, 20(4), 284-299.

https://www.zerotothree.org/resources/223-creating-routines-for-love-and-learning

http://www.babies.co.uk/sleeping/a/the-importance-of-routines/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>