Membantu Anak Mengembangkan Kecerdasan Emosional

By Rumah Dandelion

Apa itu Kecerdasan Emosional?

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah kecerdasan emosional. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kecerdasan emosional dan mengapa hal itu begitu penting untuk dimiliki anak kita?

Secara garis besar, kematangan emosional adalah bagaimana individu mampu untuk mengenali, mengevaluasi, mengendalikan, serta mengekspresikan emosinya. Kecerdasan emosional ditandai oleh lima karakteristik berikut ini:

  1. Kesadaran diri – mampu mengenali emosi yang sedang dirasakan, misalnya sadar saya sedang marah atau sedih.
  2. Manajemen suasana hati – mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosi sesuai dengan tuntutan situasi.
  3. Memotivasi diri untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan tidak menyerah pada kecemasan atau emosi negatif lainnya yang dirasakan.
  4. Empati – mampu memahami perasaan orang lain.
  5. Mampu menjalin hubungan interpersonal yang baik, misalnya berteman, menyelesaikan konflik atau perbedaan pendapat dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Daniel Goleman, seorang pakar psikologi yang mendalami mengenai kecerdasan emosional mengatakan bahwa kecerdasan emosional merupakan faktor yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan seorang anak di masa depan. Ketika anak mampu mengelola dan mengekspresikan emosi dengan baik, ia akan mampu untuk beradaptasi di tengah lingkungan, menjalin interaksi sosial dengan mudah, serta memaksimalkan potensi akademik yang ia miliki.

 

Apakah Kecerdasan Emosional Bisa Diajarkan Sedari Bayi?

Tentu saja bisa, dan memang sebaiknya kita ajarkan sedini mungkin, ketika anak masih memiliki kesempatan yang banyak untuk berkembang dalam ranah emosi.

Mulailah Seawal dan Sesederhana Mungkin

Mengembangkan kecerdasan emosional dapat kita ajarkan sedini mungkin pada bayi melalui cara yang sederhana, misalnya dengan berespon terhadap tangisan bayi, yang dapat disebabkan oleh rasa haus ataupun tidak nyaman, atau tersenyum saat melihat polah bayi yang lucu atau menggemaskan. Dengan berbuat seperti itu secara tidak langsung kita mengajarkan pada bayi bahwa ekspresi emosi yang mereka tunjukkan dapat menghasilkan respon tertentu pada orang lain.

Mengajarkan anak untuk mengenal berbagai emosi

Sebelum dapat mengelola emosi dengan baik, anak perlu mengenali apa yang ia rasakan. Orang tua dapat mengajarkan anak mengenal berbagai emosi, misalnya melalui buku-buku bergambar simbol atau emoticon emosi, atau sambil memperagakan berbagai ekspresi dari tiap emosi (ekspresi wajah saat merasa senang, marah, atau sedih).

Sebutkan nama emosinya

Ketika anak memasuki usia 12 – 24 bulan, kosa kata yang dimiliki belumlah banyak. Orang tua dapat membantu anak untuk menyebutkan emosi yang sedang mereka rasakan, misalnya saja “oh, kamu sedang merasa marah ya” saat anak tampak sedang kesal, pun ketika mereka tampak sumringah dan tertawa lebar, anda dapat mengatakan “wah anak mama/papa tampak senang sekali ya.”

Menyimak dan Berempati

Beri anak kesempatan untuk mengekspresikan emosi tanpa harus memotongnya dengan mengatakan bahwa semua baik-baik saja atau dengan sengaja mengalihkan perhatiannya. Kadang hal yang anak butuhkan hanyalah kesempatan untuk merasa aman dalam mengekspresikan emosinya dan didengarkan.

Beri Batasan Perilaku dan Contoh Respon yang Tepat

Ketika menunjukkan kekesalannya melalui cara yang negatif, orang tua dapat menjadikan momen itu sebagai kesempatan belajar. Anda dapat mengatakan pada anak anda “papa/mama mengerti kalau kamu merasa kesal. Tapi memukul atau melempar barang itu dapat menyakiti orang lain. Kira-kira apa yang bisa dilakukan saat sedang kesal?” Orang tua dapat mengajarkan strategi yang sederhana untuk dilakukan oleh anak untuk mengelola emosi negatif yang ia rasakan, misalnya mengelus dadanya sambil berkata “sabaaarrr” atau menarik dan menghembuskan nafas panjang dengan bersuara.

 

Sumber:

https://consumer.healthday.com/encyclopedia/children-s-health-10/child-development-news-124/raising-an-emotionally-intelligent-child-ages-1-to-3-646450.html

https://www.psychologytoday.com/us/blog/liking-the-child-you-love/201302/three-easy-ways-raise-your-childs-emotional-intelligence-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>