Lifeskill pada Anak, Yuk Ajarkan Sejak Dini.

By Rumah Dandelion

Kalau sedang melihat di posting media social, akhir-akhir ini, suka terlihat ada anak tiga tahun sudah bisa menyiapkan makan sendiri, pakai baju sendiri, atau anak usia dua tahun sudah dapat makan sendiri dengan rapi. Kita sebagai orang tua terkadang suka gemas bahkan takjub dengan kemampuan anak itu sendiri, “Eh kok dia bisa yaa begini?”Belajar dari mana sih ini anak?” dan lainnya. Usia berapa sih harusnya mereka sudah belajar mandiri? Nah.. yuk kita bahas..

Lifeskill anak biasanya tidak terlepas dari kemampuan anak beradaptasi dengan lingkungan dan memenuhi tantangan yang ada pada lingkungannya. Pembelajaran pertama tentang lifeskill biasanya berasal dari keluarga. Sejalan dengan ini, pendapat Patricia Sprinkle dituliskan dalam buku  “Lifeskill for Kids : Equiping your child for the real world” (Field, 2000) yakni: “Kemampuan lifeskill mulai diajarkan  melalui orang tua di rumah. Hal ini merupakan pembelajaran dalam jangka waktu panjang dan membutuhkan dedikasi orang tua untuk mengajarkannya dalam beberapa waktu.“ Memang susah-susah gampang ternyata mengajarkan lifeskill kepada anak dan butuh kesabaran (Nah ini kayaknya paling susah ya hehehe).

 

Pada anak usia sekitar dua hingga tiga tahun, kira-kira lifeskill apa sih yang bisa diajarkan kepada mereka? Yang diajarkan ternyata sangat sederhana sekali, seperti:

  • Membuka pakaian sendiri
  • Menyisir atau menggosok gigi sendiri
  • Membersihkan tempat tidur
  • Membersihkan mainan setelah bermain
  • Mengelap sesuatu yang ditumpahkan
  • Mengembalikan baju kotor ke tempatnya

Dalam mengajarkan lifeskill kepada anak tidak bisa hanya dua atau tiga hari saja, bahkan ada yang membutuhkan waktu satu tahun dengan rutinitas yang terus diterapkan kepadanya. Saat anak belum berhasil bukan berarti mereka mengalami keterlambatan tapi kita bisa coba lagi perlahan-lahan…

Mengajarkan lifeskill yang paling efektif menurut Kristen dalam blognya www.busykidshappymom , adalah dengan pendampingan orang tua. Supervisi orang tua dan orang tua menjadi role model bagi anak. Pada usia dua hingga tiga tahun cara berpikir mereka masih sangat konkrit, jadi saat mengajarkan anak meletakkan baju di keranjang baju kotor maka orang tua perlu mencontohkannya berkali-kali. Tapi kembali lagi ke aturan pertama, saat mengajarkan hal ini kepada anak orang tua membutuhkan kesabaran (wooosaaaaaahhhh) karena belum tentu anak langsung dapat mengikuti kegiatan ini.

Terkadang ada yang suka bertanya kepada saya, buat apa sih hal ini diajarkan sejak dini? Toh nanti lama-kelamaan anak akan bisa sendiri atau observasi dan mencobanya sendiri. Pastinya jika anak bisa melakukan hal-hal ini secara mandiri dalam hidupnya, anak bisa mandiri dan lebih percaya diri saat berkembang nanti terhadap kemampuannya sendiri. Coba bayangkan jika kita mendadak harus di rumah sendiri, berdua dengan anak dan padat akan aktivitas di rumah yang menuntut orang tua untuk multitasking.. Terkadang dengan anak dapat melakukannya secara mandiri, ada beberapa list rumah tangga yang terasa lebih lebih cepat terselesaikan. Apakah Ibu/Bapak merasa demikian?

Salah satu lifeskill lain yang bisa diajarkan kepada anak  misalnya hal sederhana saja dengan menarik kursi supaya mereka bisa mengambil barang yang jauh dari jangkauannya. Nah, hal kecil seperti ini selain mengasah kemandirian si anak tetapi juga mengasah problem solving dan kreativitas anak. Dan banyak sekali lifeskill lain yang dapat diajarkan. Perlahan-lahan saat anak sudah beranjak besar, orang tua terus mengajarkan lifeskill yang lain. Misalnya saja kemampuan mengetahui nomor telepon emergency, tahu alamat rumah dia tinggal, bersepeda, berenang, bahkan sampai kemampuan membantu membersihkan rumah.

Banyak sekali hal yang diajarkan dan tidak berhenti di satu titik saja. Nah, bagaimana dengan keputusan Bapak/Ibu? Ingin dong mengajarkan lifeskill kepada anak sejak dini? Yuk pelan-pelan kita ajarkan…

 

Penulis: Carmelia Riyadhni, S.Psi

Sumber:

http://www.busykidshappymom.org/life-skills/

https://en.wikipedia.org/wiki/Life_skills

Field, Christine M. (2000). Lifeskill for Kids : Equiping your child for the real world. Colorado: Waterbrook Press.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>