Ibu : “Wah saya hamil lagi…”

By Rumah Dandelion

“A new baby is like the beginning of all things wonder hope a dream of possibilities.” – Eda J. LeShan

Beberapa Ibu yang telah memiliki anak yang sudah beranjak besar, terkadang rindu dengan bau bayi, suara kecil bayi, bahkan ada pula yang rindu dengan tangisan bayi. Biasanya terbersit di pikiran untuk memiliki anak lagi… Bahkan ada juga beberapa Ibu yang sebenarnya tidak berencana menambah anak dulu, tapi ternyata dinyatakan hamil oleh test pack.

Hamil memang keajaiban, bisa sulit didapat ataupun bisa dengan mudahnya datang. Tapi bagaimana pun, pengalaman setiap kehamilan bisa berbeda. Itulah yang saya alami saat ini. Saat kehamilan pertama di usia kepala 2, saya masih dapat bekerja tanpa kendala dan tidak mengalami kendala kehamilan sama sekali (termasuk tidak mengalami nausea). Sangat berbeda dengan kehamilan kedua saat saya sudah memasuki kepala 3, badan saya sangat terasa berat, sudah mulai ngos-ngosan di awal semester, bahkan saya mengalami nausea cukup sering dalam setiap aktivitas saya. Hmmmm… ternyata kehamilan bisa sangat berbeda memang.

 

Saat sudah mengalami kehamilan kedua, sangat wajar jika kita sebagai seorang Ibu merasakan rasa khawatir atau cemas terutama dalam proses pengasuhan. Menurut Wagner (1998), walaupun kehamilan sudah pernah dilalui sebelumnya kekhawatiran seperti “Apakah saya bisa membagi kasih sayang yang sama dengan kedua anak saya?” atau “Anak pertama saya mengalami telat perkembangan, apakah sama dengan yang kedua?” atau bahkan kekhawatiran seperti “Apakah badan saya akan kembali seperti dulu lagi?” dan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan lainnya. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi juga perjalanan kehamilan kedua sang Ibu, terutama di fisiknya. Maka dari itu untuk di awal, mari kita mencari jawaban mengapa kehamilan kedua dapat terasa sangat berbeda, khususnya perbedaan yang dialami secara fisik kita.

 

Pada kehamilan kedua, biasanya banyak sekali perubahan fisik yang sudah dialami seorang Ibu karena pengaruh dari kehamilan pertama, apalagi kesibukan sebagai Ibu sudah berubah dengan kehadiran anak pertama. Ada beberapa Ibu yang merasa bahwa kehamilan kedua terasa lebih melelahkan dari kehamilan pertama. Ini bisa saja terjadi karena kesibukan membagi waktu dengan anak pertama dan juga sudah muncul beberapa isu dalam keluarga misalnya isu finansial keluarga. Hal ini dapat berpengaruh pada fisik sang Ibu hamil. Maka dari itu sejak kehamilan keduanya dini, Ibu diusahakan dapat mencari celah bagaimana dapat beristirahat dan membagi waktu bermain dengan anak pertama.

 

Secara fisik, kondisi badan Ibu akan lebih cepat membesar dibandingkan kehamilan pertama bahkan ada yang sampai mengalami sakit tulang belakang (back pain). Jika Ibu merasakan hal ini pada kehamilan kedua, yuk perlahan-lahan menjadwalkan olahraga ringan. Keterlibatan pasangan dan anak pertama sangat diharapkan karena dapat menjadi ajang membentuk waktu berkualitas dengan mereka. Selain itu, di kehamilan kedua biasanya akan lebih merasakan Brixton Hicks atau kontraksi palsu di trisemester akhir. Jika Ibu mengalami ini, pastikan Ibu mengetahui bagaimana simptom brixton hicks tersebut.

 

Nah, perbedaan di kehamilan kedua ternyata juga dirasakan setelah pasca melahirkan. Biasanya luka setelah pasca melahirkan akan terasa lebih sakit dan lebih panjang. Hal ini terjadi karena otot-otot di rahim bekerja tidak se-flexible seperti kehamilan pertama sehingga membutuhkan waktu pemulihan yang lebih panjang dari sebelumnya. Maka dari itu setelah pasca melahirkan yang kedua, Ibu harus menjadwalkan olahraga rutin dan pola makan teratur supaya badan lebih mudah kembali seperti semula dan melalui berolahraga maka fisik Ibu menghadapi anak dua dalam keluarga dapat lebih kuat.

 

Apapun perbedaan yang dirasakan dalam kehamilan kedua, terpenting adalah kebahagiaan yang dirasakan mendapat kesempatan untuk memiliki buah hati kembali. Biasanya, apa yang Ibu alami akan tidak terasa saat dapat melihat anak kita tersenyum dan tertawa. Bukan begitu, Bu?

 

Sumber:

 

http://www.babycenter.com/0_pregnant-again-what-to-expect-this-time-around_10305185.bc?showAll=true

 

https://www.nct.org.uk/pregnancy/pregnancy-second-time-around

 

Wagner, Hilory. (1998). And Baby Makes Four: Welcoming a Second Child into the Family. New York: Avons Books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>