Gentlebirt, Melahirkan Dengan Nyaman

By Rumah Dandelion

Wanita memiliki kesempatan untuk bisa menjadi seorang Ibu, salah satunya dengan mengandung (hamil). Dengan berkembangnya jaman, wanita yang hamil di masa kini lebih kritis dalam memilih teknik melahirkan. Bagaimanapun proses kehamilannya, pasti setiap wanita ingin memiliki kehamilan terbaik dalam hidupnya yakni kehamilan yang sehat dan lancar. Itulah salah satu keyakinan yang dimiliki prinsip gentlebirth bahwa setiap wanita yang hamil dapat menikmati kehamilannya, dari persalinan yang tidak sakit bahkan hingga membentuk ikatan batin yang kuat saat menyusui anak setelah pasca persalinan (Buckley, 2009).

Menarik sekali pembahasan mengenai gentlebirth ini, saya mencari tahu lebih banyak lagi melalui tulisan yang dibuat oleh Dr. Sarah Buckley seorang medis yang menulis buku mengenai Gentle Birth, Gentle Mothering : A Doctor’s Guide to Natural Childbirth and Gentle Early Parenting Choices. Melalui buku ini ia menceritakan berbagai pengalamannya saat melahirkan keempat anaknya dengan metode yang berbeda-beda, dan pilihan gentlebirth menjadi kepuasannya saat melahirkan anak-anaknya. Gentlebirth itu sendiri merupakan program yang mengajarkan bagaimana mengontrol diri kita menjadi lebih tenang dan percaya diri untuk mengatur kehamilan dan persalinan melalui teknik hipnosis. Gentlebirth percaya bahwa wanita yang hamil lebih tahu apa yang terjadi dengan badannya sendiri dibandingkan orang lain sehingga dengan teknik ini ia dapat menemukan kenyaman terbaiknya.

 

Saat ini di kota besar seperti Jakarta sudah marak sekali wanita hamil yang memilih teknik gentlebirth dengan hipnosis, baik untuk melahirkan di rumah, di tempat bersalin bidan, maupun di rumah sakit. Yang pasti keputusan apapun saat melahirkan, perlu didukung dengan kesepakatan dengan suami hingga keluarga. Seiring dengan waktu, komunitas gentlebirth ini pun sudah berkembang di Jakarta. Komunitas ini dapat menjadi tempat untuk berbagi pengalaman untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode ini.

 

Bagaimana untuk memulai? Dari yang saya pelajari, akan lebih nyaman jika mencari tahu tentang gentlebirth ini bersama-sama dengan pasangan. Sudah banyak informasi terkait dan bersama dengan pasangan dapat ikut bergabung dengan komunitasnya. Selain itu, ada pula “doula”, yakni orang yang terlatih untuk membimbing wanita selama kehamilan serta pasca kehamilannya. Informasi tertulis melalui buku atau video tutorial mengenai gentlebirth ini pun sudah lebih mudah dicari. Dengan memahami lebih lanjut, pastinya akan semakin yakin keputusan untuk menerapkan teknik gentlebirth.

 

Yang perlu diketahui, untuk dapat melakukan teknik gentlebirth tidak secepat membalikkan tangan.. Sama hal nya seperti kita sedang berolahraga di tempat fitness, semakin banyak berlatih maka semakin terlatih teknik yang kita jalani. Maka, untuk menjalankan gentlebirth ini perlu dilakukan dari awal kehamilan secara rutin. Libatkan pasangan dan temukan kenyamanan di dalamnya.

 

Jadi, bagi Anda yang sedang hamil.. Apakah gentlebirth akan menjadi pilihan Anda?

 

Penulis: Carmelia Riyadhni, S.Psi

Sumber:

Buckley, Sarah J. (2009). Gentle Birth, Gentle Mothering: Doctor’s Guide to Natural Childbirth and Gentle Early Parenting Choices. Berkeley: Ten Speed Press

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>