Bermain Itu Belajar

By Rumah Dandelion

Banyak orang dewasa yang masih menganggap tidak begitu penting bagi anak-anak untuk menghabiskan waktu mereka dengan bermain. Padahal, bermain bukan saja hal yang menyenangkan, tetapi juga merupakan sarana belajar bagi anak untuk memahami dunia di sekitar mereka.

Juga bagi orang tua, waktu yang diluangkan untuk bermain bersama dengan anak akan memberikan berbagai kesempatan bagi anak untuk belajar dan berbagi pengalaman baru. Dengan bermain, anak dapat belajar mengenai:

  • Kepercayaan diri
  • Emosi-emosi positif seperti senang, merasa aman, dan merasa diterima oleh lingkungan
  • Mengembangkan kemampuan sosial
  • Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi
  • Belajar mengenai kepedulian terhadap lingkungan dan sesama
  • Mengembangkan keterampilan fisik
  • Meningkatkan kemampuan belajar, menyerap informasi, dan memahami hubungan sebab akibat.

Dua Jenis Bermain

Ada dua jenis kegiatan bermain yang biasa dilakukan anak-anak. Yang pertama adalah bermain bebas atau tidak terstruktur, yaitu jenis permainan yang tidak terlalu direncanakan, hanya bergantung pada minat anak saat itu.

Bermain bebas atau tidak terstruktur akan membebaskan anak menggunakan imajinasinya, bergerak sesuai dengan keinginannya, dan bercerita sesuai dengan kemauannya. Contoh permainan bebas yang dapat dilakukan adalah seperti: bermain masak-masakan, rumah-rumahan, membuat percobaan yang belum pernah dilakukan, atau membuat prakarya apapun yang diinginkan anak anda.

Jenis permainan yang kedua adalah Bermain terstruktur. Bermain terstruktur adalah permainan yang terorganisir dan dilakukan di waktu dan tempat yang ditentukan. Biasanya, permainan yang terstruktur akan dipimpin oleh orang dewasa. Contok permainan terstruktur adalah kelas berenang atau kelas bermain air untuk anak, mendengarkan dongeng secara berkelompok, atau bermain papan permainan bersama keluarga.

Setiap permainan dan setiap kegiatan yang dilakukan perlu untuk disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan anak. Sehingga anak tetap senang melakukan permainan dan belajar dengan gembira.

Oleh: Agstried Elisabeth Piether

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>